Rabu, 21 Maret 2018

Berbagai macam manfaat makan bersama keluarga dan teman kerja.

Sudah banyak pakar psikologi yang menganjurkan pentingnya makan bersama keluarga, namun kita mungkin perlu mengingat kembali alasan penekanan hal itu. Kebiasaan anak-anak untuk makan di depan tv harus dihentikan begitu mereka menginjak usia lima tahun. Seperti juga mengajar mereka untuk memakai wc dan tidak lagi memakai popok bayi. Sudah saatnya mereka belajar mengikuti kebiasaan anggota keluarga lain yang lebih besar. 

Marilah kita tinjau apa manfaatnya makan bersama keluarga.
Perhatian
Dengan duduk bersama di meja makan keluarga dapat berbincang-bincang tentang apa saja yang terjadi sehari itu. Orang tua terutama dapat mengajukan pertanyaan tentang apa yang terjadi di sekolah dan di luar sekolah. Bila Anda memberikan perhatian yang sungguh-sungguh, anak Anda akan dengan senang hati menuturkan segala yang terjadi. Juga perhatikan jika ada gejala anak Anda menutup-nutupi sesuatu.
Mempererat hubungan keluarga
Dengan berkumpul dan berbincang-bincang sambil menikmati makan malam, Anda sekeluarga akan merasakan ikatan kekeluargaan yang terjalin di antara satu sama lain. Hindarilah keinginan mengecam, mengkritik atau mencela agar tidak merusak suasana nyaman dan selera makan. Bahaslah soal yang ringan-ringan, bila karena satu dan lain hal percakapan menjurus ke masalah yang serius, tundalah untuk membicarakannya sehabis makan. Mungkin keadaan yang santai dan nyaman memudahkan anak-anak remaja mengemukakan masalah mereka. Anda dapat menanggapinya dengan santai pula, tetapi jika Anda menganggap masalah itu perlu dibicarakan lebih panjang lebar, luangkan waktu sehabis makan.
Kesempatan mendidik
Anda dapat mengajar anak-anak sopan santun di meja makan, misalnya jangan berbicara dengan mulut penuh, mulut jangan berbunyi ketika mengunyah, cara memakai alat-alat makan yang benar. Selain itu Anda juga dapat mengajar mereka hal-hal lain sesuai dengan apa yang dibicarakan.
Gaya makan
Selain memperkuat hubungan keluarga, Anda dapat menggunakan kesempatan ini untuk mengubah kebiasaan buruk pada gaya makan anak Anda. Kalau anak Anda terbiasa makan di depan TV dan berat badannya terus bertambah, sekaranglah saatnya mengubah kebiasaan buruk itu. Dengan makan bersama di meja makan dia dapat menentukan berapa banyak yang ingin dimakannya. Sebaliknya bila dia duduk di depan teve Anda yang menentukan porsinya dengan mengambilkan makanannya. Sementara itu anak Anda menikmati makanannya dengan perhatian yang tertuju ke teve, tanpa terasa dia melahap habis makanannya tanpa peduli bahwa dia sudah merasa kenyang sekali. Juga jangan membiasakan dia menghabiskan makanan di piring bila dia tampak sudah kenyang. Makanan yang cukup akan membuat sehat, makanan yang terlalu banyak akan membuat kelebihan berat badan.
Makan bersama teman dan rekan kerja.

Begitu juga makan bersama dengan teman maupun rekan kerja, sebab menikmati waktu istirahat bersama teman kerja menjadi rutinitas sebagian besar karyawan. Namun ada pula karyawan yang lebih senang menyantap makan siang sendirian, terutama di meja kerjanya. Meski hal itu tidak dilarang, sesekali mengajak teman untuk menyantap hidangan bersama tentu tak ada salahnya. Terlebih, aktivitas itu bisa meningkatkan performa kerja.Hal tersebut terungkap dalam hasil penelitian terbaru yang dilakukan terhadap pemadam kebakaran di kota-kota besar Amerika Serikat. Riset yang diprakarsai para peneliti di Cornell University tersebut mengamati jika semakin sering makan bersama, semakin kompak karyawan dalam bekerja.Setelah diteliti, pemadam kebakaran memang sering menyiapkan dan makan santapan siang bersama. Tak hanya itu, mereka juga saling membantu dalam hal memasak hingga mencuci piring. Sering melakukan berbagai hal bersama membuat mereka merasa seperti keluarga. Para responden pun mengaku jika hal tersebut tak hanya menguatkan ikatan di antara tim namun juga performa kerja divisi.Berdasarkan laporan penelitian, mereka yang sering memasak bersama memiliki dua kali lipat sikap yang lebih kooperatif. Mereka juga diketahui lebih banyak membantu sesama rekan bahkan untuk hal-hal di luar pekerjaan.Tapi di sisi lain, penelitian juga mengungkap bahwa kegiatan makan bersama pun bisa menimbulkan sisi negatif. Yakni munculnya grup-grup pertemanan yang menyebakan beberapa staf terisolasi dari yang lainnya.
Maka sebaiknya jam makan siang maupun malam bersama tidak memakan waktu terlalu lama, cukup maksimal satu jam.Manfaat lain makan bersama adalah membangun pertemanan dan tim kerja yang solid. Ada baiknya jika saat makan siang, karyawan mau lebih membuka diri atau mendiskusikan hal-hal ringan soal pekerjaan. Misalnya bagi pekerja media, bisa mengangkat topik obrolan tentang berbagai peristiwa yang sedang hangat. Public relations, mungkin bisa membahas permasalahan sosial yang berkaitan dengan bidang pekerjaannya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Presiden ke-6 & Waroeng Pangestu

Hari Kamis Tanggal 12 April 2018 merupakan hari yang sangat spesial bagi Waroeng Pangestu,karena Preiden ke-6 Bpk Susilo Bambang Yudhoyo...